Oprek Blog Dasar Bareng Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta



"Membaca, Menulis, dan Menginspirasi. Itulah yang menjadi quotes kopdar Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta kali ini. Bertempat di Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan, Jl. Gandaria Tengah V No.3, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240. 


Sesuai judul, kopdar kali ada adalah oprek blog dasar, dengan pembicara adalah si blogger cilet-cilet Citra Rahman atau biasa dipanggil dengan Ocit, pemilik dari https://hananan.com/
Ocit ngebahas dasar-dasar blog dengan telaten dan sabar. Ngebahas benar-benar dari awal banget. Tentang nulis, tentang blog walking, tentang ngebuat blog, tentang pengalaman dia nulis, juga tentang kamu. Loh mulai keluar dari bahasan lagi saya!




Kembali ke topik, banyak pendatang baru dari luar klub, di ikuti kurang lebih 30 peserta yang mana banyak peserta baru dari luar klub. Para peserta tersebut  juga yang berkesempatan membuat blog saat kopdar, Dibantu step by step oleh sang pembicara dan panitia.
Sungguh, jujur dari hati. Kopdar kali ini saya enggak bisa nyimak dengan telaten, karena apa? Karena sebelah saya yaitu kak Ndari (http://ndarikhaa.blogspot.co.id/)

Bawel banget! Asli dia rusuh banget. Awalnya dia cuma nanya tentang header gambar pada blogspot, terus udah saya ajarin sana-sini. Sampai di Adobe Photoshopnya untuk mengatur sizenya tuh eh lama-lama ujungnya malah mempercantik blog dia. Sampai ngoprek-ngoprek customize tempelate blognya juga oprak-aprek HTMLnya. Mau enggak mau ujungnya ngoding lagi.


Nah, pas dia oprak-aprek sendiri, kebetulan banget si Ocit lagi cerita tentang dia jalan-jalan di endorse sama Dinas pariwisata Jawa Tengah. Jadi, dia jalan-jalan terus dia nulis tentang pengalaman tripnya ke Jawa Tengah. Banyak macemnya, ada Menapak Tilas Cinta & Rangga di Gereja AyamParade Seni Budaya Jawa Tengah 2016 KEREN!, dan masih ada lainnya yang enggak bisa disebutkan disini karena ini blog saya bukan blog si Ocit.


Pas lagi seru-serunya dengerin Ocit lagi, Kak Ndari buat masalah lagi. Dia buat halaman blognya jadi judul aja. Nah kan, akibat ke-sotoynya dia yang merajalela. Terpaksa saya berpaling lagi dari Ocit dan ngurusin Kak Ndari. Maafkan aku Cit, tapi hatiku tetap padamu! Alah!
Selain Ocit ada juga sharing dari teman-teman yang pernah jalan-jalan gratis lalu buat review tulisan. Contohnya, Kak Rizki (http://bangbdoel.blogspot.co.id/) beliau bareng teman-temannya dari Id Corners berkesempatan berjalan-jalan ke pulau seribu dan itu gratis! 



Kopdar ditutup dengan sesi kuis, tadinya saya mau ikutan jawab apalagi saat pertanyaan domain dan hosting tapi apalah daya saya masih sibuk ngurusin Kak Ndari dan blogspotnya. Saya tunjuk tangan tapi saya sendiri malah enggak fokus ke depan, malah fokus kesamping. Tadinya mau saya cuekin tuh Kak Ndari, tapi dia malah muji-muji saya. Yaudah saya sebagai teman yang lemah pujian, baik hati, tidak sombong, rajin menabung, rajin kangenin si dia jadinya bantuin Kak Ndari ajalah. Hitung-hitung nabung pahala biar cepat nikah sama si dia.



Begitulah cerita kopdarku kali ini, maafkan aku yang tidak terlalu fokus. Dan tak lupa saya berterima kasih kepada Ocit selaku pembicara, Mas Achi (https://achihartoyo.wordpress.com/) Bang MT (https://petouring.net/) dan juga Mbak Endang (https://c1ppy85.wordpress.com/) selaku para panitia yang sudah bersusah-susah mengurus kopdar dan makanan untuk hari ini. Terima kasih juga untuk teman-teman Kubbu BPJ yang sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke kopdar kali ini. Sampai jumpa lagi dilain waktu, tempat, dan juga kesempatan! 


Salam, Pipi Bolong.

Post a Comment

8 Comments

  1. Itu blog gw kelebihan (,) jadi gak kebuka :p *penting *kemudianditimpuk

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah jadi banyak teman dan dapet hadiah Buku hehehehe

    ReplyDelete
  3. emang itu ndari rusuh.. sungguh rusuh.. hahaha

    ReplyDelete
  4. wah nyesel gak datang di mari, padahal ilmunya keren abis pastinya buat blogku yang masih bayak perlu di prek juga

    ReplyDelete